loading...

Modul Bioteknologi dan Rekayasa Reproduksi

Posted by

Modul Bioteknologi

Pendahuluan
Salah satu ciri makhluk hidup adalah makan. Makanan yang dikonsumsi setiap hari oleh manusia
berbeda–beda. Perbedaan ini dapat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, jumlah makanan
yang dikonsumsi, dan nilai kandungan gizi dari makanan. Dalam kehidupan keseharian, mungkin
diantara kita ada yang pada saat sarapan gemar  memakan roti yang ditambahkan keju, pada saat makan mie mungkin saja ditambahkan kecap untuk menambah selera makanan, atau suka memakan yoghurt. Tahukah anda bahwa jenis – jenis makanan tersebut antara lain roti, keju, kecap, dan yoghurt  merupakan contoh produk dari bioteknologi.
Istilah bioteknologi mungkin kedengaran asing di telinga anda. Namun pada dasarnya,  istilah bioteknologi ini dapat dengan mudah diidentifikasi mengenai artinya. Kata bioteknologi terdiri dari kata bio yang merujuk pada makhluk hidup, dan kata teknologi yang artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. sehingga istilah bioteknologi ini dapat didefiniskan sebagaisuatu metode yang melibatkan makhluk hidup untuk mendapatkan suatu produk.
Prinsip dasar dari bioteknologi adalah menggunakan makhluk hidup sebagai subjek. Makhluk hidup yang digunakan adalah sebagian besar dari golongan mikroorganisme. Mikroorganisme yang dimaksud antara lain jamur ragi, bakteri, dan sebagainya. Beda mikroorganisme yang digunakan berarti produk akhir yang dihasilkan juga nantinya akan beda. Produk akhir yang hasilnya memuaskan mengindikasikan bahwa metode kerja dan juga mikroorganisme yang digunakan tergolong baik.
Perkembangan zaman kian tahun kian bertambah. Kebutuhan manusia akan sumber daya semakin meningkat. Hal ini berdampak kemajuan pengetahuan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Produk – produk bioteknologi yang menggunakan bantuan mikroorganisme seperti roti, keju, yoghurt, tempe, kecap, dan sebagainya tergolong bioteknologi konvensial. Karena perkembangan pemikiran dan teknologi manusia menjadikan dikenalnya produk – produk bioteknologi modern yang dalam prosesnya melibatkan tingkatan molekuler dalam pengerjaannya seperti DNA.
Modul ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk membahas mengenai Bioteknologi. Secara konseptual modul ini dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh siswa kelas IX SMP. Secara khusus setelah mempelajari modul ini anda diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian bioteknologi.
2. Menjelaskan sejarah perkembangan bioteknologi.
3. Memberikan contoh keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.
4. Membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern
5. Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern dilingkungan sekitar
6. Menjelaskan dampak penerapan bioteknologi bagi ekonomi, moral, sosial dan kesehatan

           Untuk dapat menguasai kemampuan yang telah dijelaskan diatas, maka anda diharapkan mengikuti petunjuk belajar sebagai berikut :
1. Bacalah bagian uraian dan contoh dri setiap kegiatan belejar dengan cermat sampai anda dapat menangkap makna dari berbagai sisi bioteknologi.
2.  Kerjakan latihan dengan baik dan penuh kesungguhan sampai anda mengetahui sepenuhnya mengenai konsep bioteknologi. Diharapkan anda dapat mengerjakan latihan yang telah disediakan secara mandiri untuk kemampuan anda mengenai materi tersebut.
3. Bacalah rangkuman untuk memberikan anda aspek – aspek dasar sebagai gambaran mengenai garis besar dari setiap kegitan belajar.
4. Kerjakan tes formatif yang disediakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman anda mengenai materi bioteknologi.
5. Bila anda telah menjawab tes formatif, bandingkanlah jawaban anda dengan rambu – rambu jawaban yang telah disediakan. Bila setelah dihitung ternyata anda telah mencapai tingkat penguasaan sama atau lebih besar dari 80%, maka anda dipersilakan untuk meneruskan ke kegiatan belajar selanjutnya.

Selamat belajar !

A. Standar Kompetensi
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan   penerapan  bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

C. Indikator

1.Mendefinisikan pengertian bioteknologi
2.Menelusuri sejarah perkembangan bioteknologi
3.Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
4.Membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern
5.Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern dilingkungan sekitar
6.Mengaitkan  dampak bioteknologi bagi ekonomi, moral, kesehatan

D. Tujuan pembelajaran

 Peserta didik mampu :
1.Menjelaskan pengertian bioteknologi.
2.Menelusuri sejarah perkembangan bioteknologi
3.Memberikan contoh keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.
4. Membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern
5. Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern dilingkungan sekitar
6. Mengaitkan dampak penerapan bioteknologi bagi ekonomi, moral, sosial dan kesehatan

E. Alokasi waktu : 5 x 40 menit (5 jam pelajaran)
Kegiatan belajar I (2 jam pelajaran) + kegiatan belajar II (2 jam pelajaran)  + Evaluasi (1 jam pelajaran)

F. Uraian Materi
                     
1.      Pengertian Bioteknologi
2.      Sejarah perkembangan bioteknologi
3.      Manfaat bioteknologi dalam produksi
4.      Bioteknologi konvensional dan modern
5.      Mikroorganisme dalam bioteknologi
6.      Dampak penerapan bioteknologi


 Modul Rekayasa Reproduksi
A.    Standar Kompetensi
B.     
         Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

B. Kompetensi Dasar

         Mendeskripsikan   penerapan  bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

C. Indikator

1. Mendefinisikan pengertian rekayasa reproduksi
2. Mendiskusikan contoh-contoh rekayasa reproduksi
3. Menerapkan teknik rekayasa reproduksi
4. Mendata dampak-dampak rekayasa reproduksi

D. Tujuan pembelajaran

Peserta didik mampu :
1.Menjelaskan  pengertian rekayasa reproduksi
2.Mendiskusikan contoh-contoh rekayasa reproduksi
3.Menerapkan teknik rekayasa reproduksi
4.Mendata dampak-dampak rekayasa reproduksi

E. Alokasi waktu : 5 x 40 menit (5 jam pelajaran)

Kegiatan belajar I (2 jam pelajaran) + kegiatan belajar II (2 jam pelajaran)  +Evaluasi (1 jam pelajaran)

F. Uraian Materi

1.Pengertian Rekayasa reproduksi
2. Contoh rekayasa reproduksi
3. Teknik rekayasa reproduksi
4. Dampak rekayasa reproduksi


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:39 PM

12 komentar:

  1. Apa yang menjadi manfaat dan kekurangan dari penerapan Bioteknollogi?

    BalasHapus
  2. I am very grateful for the blessings that have been given
    Cara Mengobati Kaki Bengkak Akibat Asam Urat

    BalasHapus

Silahkan berKomentar bisa dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan demi meningkatkan mutu artikel saya, terimakasih guys

Translate Of English To Other